https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD | Ernawati | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENINGKATAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD

Neli Ernawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kreativitas belajar siswa pada pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Pangenjurutengah melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Pangenjurutengah yang berjumlah 24 siswa. Teknik Pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan tes belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa di kelas IV SD Negeri 2 Pangenjurutengah mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase minat belajar siswa dilihat dari hasil observasi dari siklus I yaitu 64,1% dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 79,1 % pada siklus II dengan kategori baik. Hasil Tes essay kreativitas belajar siswa dapat disimpulkan bahwa: (1) siswa mampu memberikan ide penyelesaian terhadap permasalahan yang diberikan, (2) siswa mampu menemukan penyelesaian masalah dengan langkah-langkahnya sendiri, (3) siswa mampu menemukan penyelesaian dengan berbagai cara, (4) siswa mampu menemukan penyelesaian soal secara detail pada siklus I yaitu 62,5 % dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 79,1% dengan kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan metode demonstrasi, minat dan kreativitas belajar siswa mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i3.8582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.